Vaksin Influenza Bantu Minimalkan Risiko Efek Berat Covid-19

18 0

Suntikan vaksin influenza tidak hanya meminimalkan risiko terjangkit flu, tapi juga memberikan perlindungan dari efek berat dari Covid-19, demikian hasil penelitian terbaru di dunia medis.

Dari hasil studi diketahui jika vaksin influenza bisa meminimalkan risiko penderita Covid-19 mengalami infeksi pada tubuh, penggumpalan darah, mengalami stroke hingga mendapatkan perawatan di ICU.

Diungkapkan Dr Devinder Singh, hasil penelitian ini menjadi temuan yang penting dalam upaya memerangi Covid-19 di seluruh dunia.

“Populasi global mungkin diuntungkan dengan vaksinasi influenza, karena vaksinasi tersebut bisa mencegah pandemi ganda akan virus corona dan influenza, yang pastinya bisa menyulitkan layanan kesehatan yang ada,” ujar Singh, kepala bagian operasi plastik di University of Miami Miller Scjoll of Medicine.

Penelitian ini menggunakan database riset TriNetX untuk mengumpulkan data dari dua grup, dengan setiap kelompoknya memiliki lebih dari 37,000 pasien. Kelompok pertama merupakan kelompk yang mendapat suntikan vaksin flu dua minggu hingga enam bulan sebelum didiagnosa Covid-19, sementara kelompok kedua adalah kelompok yang positif Covid, tapi belum mendapat vaksinasi influenza.

Peneliti melihat, meneliti dan membandingkan gejala dan efek berat yang dialami setiap pasien dari masing-masing grup, mulai dari infeksi, stroke, penggumpalan darah, kegagalan pernafasan, dan banyak lagi lainnya. Peneliti juga melihat kinerja organ tubuh dan fisiologi lainnya, seperti kegagalan organ ginjal, kehilangan nafsu makan, serangan jantung, pneumonia hingga kematian.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelompok yang tidak divaksin flu peluangnya mencapai 20 persen bakal dirujuk ke ICU, 58 persen bakal menjalani perawatan di ruang rawat darurat dan lebih dari 45 persen mengalami infeksi. Mereka juga menemukan ada peluang sebesar 58 persen pasien yang tidak mendapat suntikan vaksin flu akan mengalami stroke dan peluang lainnya sebesar 53 persen mengalami penggumpalan darah, atau yang dikenal sebagai deep vein trombosis (DVT).

Dalam keterangannya, peneliti mengaku belum mengetahui mengapa suntikan vaksinasi flu bisa mencegah efek berat pada Covid-19, namun ada kemungkinan suntikan tersebut bisa meningkatkan sistem imun untuk mengurangi keanehan sejumlah sistem yang berbahaya, yang juga terlihat pada gejala flu.

Namun, perlu ditekankan jika vaksin influenza bukanlah pengganti vaksin Covid-19. Selain itu, hasil penelitian juga tidak bisa membuktika jika suntikan vaksin influenza bersifat protektif ketika berhubungan dengan Covid-19.

Meski begitu, Dr. Eric Cioe-Pena, direktur kesehatan global di Northwell Health New Hyde Park, New York, Amerika Serikat, mendukung penuh penggunaan vaksin influenza dan vaksin Covid-19 untuk bisa memperkuat langkah penyehatan masyarakat.

“Dan apabila hal ini bisa terwujud sebagai langkah kedua yang menguntungkan, hal itu akan luar biasa,” tandas Cioe-Pena.

Baca juga: Bikin Sehat & Kenyang, Promo Vaksin Covid-19 Ini Tak Boleh Dilewatkan

Jadi, apakah kamu akan mengikuti suntik vaksin influenza dan vaksinasi Covid-19 untuk meminimalkan risiko mengalami gejala berat akibat virus corona ini?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Leave a Reply