PPKM Darurat Idul Adha, Semua Tempat Wisata Ditutup!

6 0

Libur Idul Adha tahun ini akan berlangsung tidak dengan gegap gempita karena pemberlakukan PPKM Darurat se-Jawa dan Bali. Masyarakat juga diminta di rumah saja dan menghindari mobilitas karena ada sejumlah pembatasan diberlakukan, termasuk di antaranya menutup semua tempat wisata di Jawa dan Bali.

Dalam keterangan resminya, PPKM Darurat Idul Adha akan berlangsung mulai tanggal 19 Juli hingga 25 Juli 2021, atau selama liburan Idul Adha.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pembatasan Aktivitas Masyarakat Selama Libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Dalam Masa Pandemi Covid-19, yang berlaku efektif untuk Pulau Jawa dan Bali.

Sementara untuk tempat wisata di wilayah non-PPKM Darurat dan non-PPKM lainnya, tempat wisata diizinkan buka, namun dengan pengetatan dan pembatasan dengan kapasitas maksimal hingga 25 persen.

Diungkapkan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, pada jumpa media secara virtual pada akhir pekan lalu, penutupan tempat wisata merupakan langkah yang diambil untuk meminimalkan potensi dan mengantisipasi terciptanya kerumunan di tempat wisata di seluruh Jawa dan Bali. Selain itu, kebijakan tersebut untuk membatasi seluruh bentuk perjalanan orang ke luar daerah, kecuali untuk pekerja di sektor esensial dan kritikal.

Untuk kegiatan peribadahan atau keagamaan berjamaah di daerah terdampak PPKM Darurat Idul Adha juga dilarang selama periode tersebut. Masyarakat diminta untuk beribadah di rumah masing-masing.

Aturan sama juga berlaku untuk daerah terdampak PPKM Mikro Diperketat dan kabupaten/kota zona merah dan oranye non-PPKM Darurat. Sedangkan, untuk daerah non-PPKM Darurat dan non-PPKM Diperketat Lainnya kegiatan berubadah berjamaah dibatasi hanya 30 persen dari maksimal.

Di sisi lain, Wiku mengimbau warga untuk melakukan silaturahmi virtual selama libur Idul Adha tahun ini. Pemda diminta untuk membatasi wilayahnya dengan tidak menerima tamu dari luar daerah.

Baca juga: Syarat Perjalanan Terbaru Saat Idul Adha Yang Harus Traveler Tahu!

Bagi yang sudah merencanakan perjalanan atau liburan di Idul Adha tahun ini, kamu harus melakukan reschedule jadwal karena PPKM Darurat ini. Jangan ngeyel untuk liburan di tengah pembatasan karena kamu bisa rugi waktu dan tenaga, dan bisa saja merugikan kesehatan orang lain. Tetap di rumah dan hindari mobilitas untuk sementara ini, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Preview image credit: Mick Haupt – Unsplash

Leave a Reply