Kota Terbaik Untuk Digital Nomad, 20 Kota Ini Asyik Untuk Bekerja Remote

18 0

Bekerja secara remote menjadi hal yang biasa di tengah pandemi. Bahkan, di tengah pembatasan yang diberlakukan pemerintah sekarang ini, merupakan hal yang dianjurkan untuk bekerja dari rumah, sehingga meminimalkan potensi kerumunan di tempat kerja dan penularan virus Covid-19. Tapi, pernah kamu membayangkan berada di kota terbaik yang mendukung kamu, baik secara infrastruktur, budaya kerja dan kenyamanan hidup untuk bisa work from home dan tetap produktif, yang membuat kamu bisa menjadi para digital nomad?

Hal semacam itu memang menjadi “barang mahal” di Indonesia. Bagaimana tidak, secara infrastruktur jaringan, kondisi internet yang ada tidak cukup ideal untuk mendukung semangat bekerja di rumah, di kota mana pun di Indonesia. Belum lagi budaya dan lingkungan kerja, serta sistem perundang-undangan dan peraturan yang juga belum ideal untuk bisa mendukung work from home.

Namun, ada sejumlah kota di belahan bumi ini yang bisa jadi menjadi kota ideal dan terbaik untuk para digital nomad atau mereka yang bekerja secara remote. Dengan lingkungan yang asyik dan infrastruktur yang mengesankan, kota di bawah ini harus dikunjungi para digital nomad dan mereka yang doyan bekerja secara remote untuk menghabiskan waktu, baik untuk bekerja dan menikmati hidup.

Di bawah ini adalah kota paling asyik bagi digital nomad tahun 2021 menurut Nestpick, yang menekankan pada destinasi wisata yang asyik dan infrastruktur yang mendukung. Penasaran? Lihat daftarnya di sini!

  1. Melbourne, Australia
  2. Dubai, UAE
  3. Sydney, Australia
  4. Tallinn, Estonia
  5. London, UK
  6. Tokyo, Jepang
  7. Singapura, Singapura
  8. Glasgow, UK
  9. Montreal, Kanada
  10. Berlin, Jerman
  11. Praha, Republik Ceko
  12. Toronto, Kanada
  13. Chicago, Amerika Serikat
  14. Hong Kong, Hong Kong
  15. Lisbon, Portugal
  16. Cape Town, Afrika Selatan
  17. Edinburgh, UK
  18. Vienna, Austria
  19. Los Angeles, Amerika Serikat
  20. New York, Amerika Serikat

Pertanyaan yang muncul kemudian, apa yang menjadi dasar penelitian untuk menentukan kota terbaik ini? Nestpick menjadikan daftar kota yang paling nyaman untuk ditinggali di seluruh dunia menjadi salah satu standar pertimbangannya. Dari sana, dikembangkan standar acuan lainnya untuk menentukan daftar tersebut, antara lain biaya hidup dan infrastruktur, peraturan dan kebebasan dan kenyamanan hidup.

Biaya hidup dan insfrastruktur memiliki cakupan kemungkinan mendapatkan tempat yang nyaman, jaringan internet yang mumpuni dan biaya hidup yang relatif ringan. Untuk peraturan dan kebebasan memilkiki artian adanya jaminan bagi setiap masyarakat terkait hak untuk hidup dan bekerja, visa khusus, pengurangan kewajiban pajak dan regulasi khusus untuk digital nomad. Sedangkan standar kenyamanan hidup ditentukan pada kondisi cuaca, lingkungan dan kemudahan akses terhadap acara budaya dan wisata.

Dengan menggunakan sistem penilaian 1-100, 20 kota di atas memiliki nilai di atas 75 dengan New York memiliki poin terendah dengan 79,17 angka dan Melbourne menempati posisi tertinggi dengan 100 poin. Penjelasan lebih lengkap bisa dilihat di sini.

Baca juga: Layak Dicoba, Digital Nomad Bisa Ajukan Visa Bekerja Spesial Di Kroasia!

Bisa membayangkan tinggal dan bekerja secara remote di salah satu kota di atas?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Leave a Reply