Es Jadul Yang Membuatmu Mengenang Masa Lalu Yang Indah

17 0

Era 90-an bisa dikatakan sebagai era terbaik. Mereka yang hidup di era ini merasakan langsung perubahan zaman, dari tradisional ke digital. Namun, karena perubahan era tersebut, ada banyak hal yang harus ditinggalkan, termasuk kuliner yang satu ini, es jadul.

Ya, para generasi milenial (yang lahir pada 1981-1996) dan generasi X (1965-1980) termasuk sebagai pasar utama dari kudapan ringan penuh kenangan ini. Siapapun yang menikmatinya juga pasti tak akan melupakan kesan asyik yang ditimbulkan.

Apakah kamu tertarik menikmatinya lagi? Untungnya, meski tidak semasif seperti di eranya, masih banyak yang menjual es jadul ini secara online maupun offline. Nah, untuk membantu kamu mengingat masa lalu, es ini harus menjadi buruan kamu!

1. Es Wawan yang menawan

es jadul
Image credit: ZenZen Food Ponorogo

Pada zamannya, es wawan dijajakan dengan harga mulai dari 50 IDR hingga 500 IDR, tergantung eranya. Es ini memiliki dua bagian yang bisa dibagi dan dinikmati bersama sohib kamu. Rasanya beragam, dari strawberry, vanilla, jeruk, cokelat dan banyak lagi variannya.

Ingin menikmatinya? Well, kamu tinggal ketik es wawan di laman pencarian Google, maka akan banyak muncul penjual dan produsen yang berada di sekitar kamu.

2. Es gabus yang penuh warna

es jadul
Image credit: Konica Sumitro

Es jadul ini dinamai demikian karena sensasi yang didapat saat menggigit kuliner dingin ini. Bagi yang memiliki kendala dengan gigi ngilu wajib bersiap saat menggigitnya karena dijamin akan ada sensasi tersendiri yang dirasakan.

Terlepas dari itu, es gabus menjadi salah satu jajanan favorit di masa silam. Rasanya yang beraneka macam membuat penikmatnya memiliki banyakk pilihan.

3. Es mony, es jadul yang ikonik

Image credit: Sony Fredianto

Bentuknya segitiga dan memiliki banyak varian rasa, tak salah jika es mony menjadi salah satu jajanan favorit di zamannya. Es krim minimalis ini juga murah dan tak jarang menjadi “simpanan” di kulkas yang ada di rumah. Jika harus membeli pun tidak mahal.

4. Es serut warna warni yang mencerahkan hari

Image credit: era90an.id

Bahkan serutan es batu yang diberikan sirup berbagai rasa bisa menjadi makanan yang ikonik di zamannya, seperti halnya es serut warna-warni ini.

Ya, banyak penjual yang menjajakan es ini di depan gerbang sekolah, yang pastinya akan diserbu saat masuk jam istirahat atau pulang sekolah. Harganya juga terjangkau, dan pastinya memberikan kenangan dan memori indah bagi penikmatnya.

5. Es goyang, es jadul penuh kenangan

Image credit: era90an.id

Disebut es goyang karena proses pembekuan dilakukan dengan menggoyangkan gerobak. Mayoritas, es goyang menyajikan coklat sebagai rasa utamanya. Namun demikian, meski minim pilihan rasa, kenangan yang didapatkan awet sepanjang masa.

6. Es mambo yang murah meriah

Hampir di setiap kantin di sekolah pasti ada yang menjual es jadul ini, yang juga punya nama lain sebagai es lilin. Air sirup dalam plastik yang dibekukan memang mudah dibuat dan banyak penjual yang menjajakannya dengan harga murah. Varian rasanya juga beragam. Jika kamu ingin merasakan sensasinya, kamu bisa membuatnya sendiri. Prosesnya dijamin mudah banget, lho!

7. Es dungdung, ice cream minimalis

es jadul
Image credit: @kulinerdisolo

Sampai sekarang, es dungdung masih bisa dijumpai di sejumlah tempat di Indonesia, termasuk di dekat sekolah-sekolah. Kamu bisa mendapatkannya dalam wadah ice cone atau dengan menempatkannya di tengah roti tawar. Sensasi rasa yang ditawarkan pun berbeda banget, lho! Cobain, deh!

8. Es potong yang memesona

Image credit: Kabar Majalaya

Harganya relatif terjangkau untuk anak SD dengan uang saku pas-pasan. Meski begitu, sensasi rasa yang ditawarkan bertahan sepanjang masa. Es potong juga terkenal karena bentuknya yang panjang, harus dipotong terlebih dulu dan ditusuk dengan tusuk sate sebelum disajikan. Kamu bisa memilih banyak rasa, dari cokelat, kacang hijau hingga strawberry.

9. Ice Cream Viennetta, es jadul kekinian bagi yang berduit

es jadul
Image credit: Regina

Salah satu es krim jadul yang dimunculkan kembali baru-baru ini adalah Ice Cream Viennetta. Pada zamannya, es krim ini termasuk kudapan mahal dan hanya sedikit orang yang bisa menikmatinya.

Jika dibandingkan dengan es jadul lainnya, sampai saat ini Viennetta masih memiliki kelasnya tersendiri. Bagi yang tertarik mencoba, kamu bisa menemukan di sejumlah pusat perbelanjaan dan minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Es Krim Viennetta Kembali Dijual, Tapi Dalam Jumlah Terbatas

Ternyata banyak juga es jadul yang pastinya membangkitkan kenangan masa lalu, ya? Bagi kamu, es mana yang paling ingin dinikmati sekarang ini?

Leave a Reply